Sarana Silaturahmi- Potluck (Sapporo series)

Hari ini tepatnya tanggal 4 November 2015 diadakan acara "Potluck" oleh IWC. IWC kepanjangan  Internasional Women Club yaitu suatu perkumpulan yang  beranggotakan wanita- wanita (istri dan staff) di Universitas Hokkaido (Hokudai University). Banyak sekali kegiatan yang mereka selenggarakan seperti nihonggo salon, sakuranbo club, kimono dressing, tea ceremony, dan potluck diantaranya. Saya termasuk yang senang ikut dalam semua kegiatan IWC. Ibu- ibu gitu kan ya... sambil jagain anak, bisa tambah wawasan juga di Jepang.
Potluck yaitu acara makan bersama dengan membawa makanan khas/ kesukaan dari negara asal dan dishare dengan teman- teman dari negara lainnya. Kami dari Indonesia membawa makan khas Indonesia. Salah satunya nasi goreng jagung dan ikan teri hemmm yummy... semuanya terasa enak dilidah, kangen masakan indonesia. kebetulan saya sendiri masak lontong tahu campur dan bakwan jagung tapi g sempet dijepret karena sudah telat tadi berangkatnya.

foto masakan Bu Lee-na di acara Potluck 

Kegiatan- kegiatan seperti ini menjadi sarana silaturahmi bagi kami warga Indonesia di Sapporo. kami senang jika ada event kumpul- kumpul, meskipun tiap bulan pun kami pasti bertemu di pengajian bulanan. Pada kesempatan lain saya akan bahas tentang pengajian bulanan khususny untuk ibu- ibu di Sapporo. Keren kan kegiatannya, sangat positif, di negeri orang pun tetep bisa ngaji. Bertemu dengan warga Indonesia di negara lain itu sesuatu banget dech pokoknya, makanya kami disini susah seperti saudara. Saling bantu dan tolong kepada sesama. 

Kembali ke Potluck, hehehe..... Di acara ini kita dapat menjaumpai berbagai makanan dari beberapa negara. Biasanya orang- orang negara lain pun akan berpartisipasi di acara ini seperti negara Banladesh, Nepal, China, Korea, Amerika, Iran, dan Jepang tentunya. Bisa icip makanan semaunya dech.. serta dipisahkan antara yang halal dan tidak halal. Alhamdulilah, senang sekali.. bisa kumpul- kumpul an bersilaturahmi dengan sesama warga Indonesia dan orang- ora yang dari negara lain tentunya. Event- event seperti ini kerap menjadi ajang silaturahmi bagi kami. Kalo saya tiap minggu sich masih ketemu dengan sensei di Nihongo Saron, tapi bagi temen- temen yang sdh lulus.. (kaya sekolah y,, alias sdh tidak ikut nihongo salon) acara ini merupakan momentum berharga untuk bisa ketemu sensei- sensei yang baik, cantik , ramah, nice....

Ada makanan khas jepang namanya kue mochi... ternyata rasanya enak lho...yummy. Bisa buat ganjel perut yang lapar. mochinya terbuat dari tepung beras dan ditaburi wijen hitam yang dicampuri gula pasir. 

foto: kue mochi tanpa isi dengan taburan wijen hitam

Jika ada kesempatan singgah di Sapporo atau melanjutkan studi di Universitas Hokkaido, silakan ikuti acara- acara yang diadakan oleh IWC. Banyak manfaatnya dan banyak makanannya jika acaranya party  hehe.... Menjalin silaturahmi akan memperpanjang umur dan melapangkan rizki. Berteman baik dengan siapa saja dan menuai kebaikan dari pertemanan tersebut, agama yang dilandasi iman yang kuat akan menjadi filter dalam setiap perbuatan. 

Sampai jumpa di pengalaman selanjutnya...








Komentar