Yakiimo

Kali ini saya akan membahas tentang makanan, ehm... jadi lapar. Bulan ini Sapporo sudah diguyur salju, tepatnya sejak tanggal 24 November kemarin salju turun tak putus- putus sehingga membuat daratan Sapporo memutih dan dingin tentunya. Winter datang biaya listrik dan gas melonjak naik. Bagaimana tidak pemanas baik listrik maupun gas akan nyala 24 jam, serta kebutuhan perut juga makin sering lapar dingin- dingin enaknya makanan hangat.

Jalanan deket apato 24 Nov 15 (modelnya bapak dan anak)

Makanan khas winter di Jepang rupanya makanan yang tidak asing untuk lidah saya. Kalo di Indonesia makanan ini bisa ditemui kapan saja. Disantap ketika hangat makin membuat wah rasa makanan ini, meskipun cuma makanan ndeso. Yach.. namanya Ubi Jalar. Biasanya ibu saya mengolahnya direbus lalu di campur kelapa parut, atau direbus lalu di bentuk kemudian digoreng. Olahan ubi sekarang ini beraneka ragam, digoreng, direbus, dibaking, dan lain- lainnya.
Yakiimo

Yakiimo, makanan khas winter di Jepang tepatnya di Sapporo. Yakiimo adalah ubi jalar panggang, dipanggang dengan alat tertentu dengan cara tertentu tanpa pemanis tambahan yang hasilnya luar biasa enak http://gakuran.com/the-yaki-imo-man-of-japan/. Kebetulan yang sering lewat di depan apato pamannya mengendarai mobil sambil melantunkan nyanyian khas yakiimo dalam bahasa nihon tentunya.
paman agak malu waktu di potret

yakiimo oishii...oishii yakiimo...

Kalo sobat pembaca ada yang ke Sapporo dan bertemu dengan penjual Yakiimo, silakan coba beli dijamin nggak akan menyesal karena rasanya benar- benar oishii desu. Harganya tidak terlalu mahal per 100 gram 120 Yen. Satu biji yakiimo yang besar itu dihargai 500 Yen. Kebetulan apato kami menjadi jalur terakhir sehingga saya diberi bonus 1 yakimo lagi karena saya yang terakhir, wuihhh seneng kaya buy 1 get 1. Arigatou Gozaimasu segera di santap mumpung masih anget.

Referensi makanan lain di Sapporo yang oishii tentunya adalah Ramen. Kebetulan sudah ada Ramen halal di Sapporo. yummy.... ramenny di sharing di next sheet ya...

semoga bermanfaat..... sampai jumpa..


Komentar