Entrance Ceremony / sekolah baru Mas Ham

Anak pertama kami berumur 5 tahun. umur 5 tahun anak masih duduk d tingkat yuouchien (TK). Ada tiga tingkatan umur di youchien, younggest class umur 3 tahun, middle umur 4 tahun, dan oldest umur 5 tahun. Ilham masuk oldest class karena umur 5 tahun sekian bulan. 
Ada cerita seru sebelum ilham resmi memutuskan untuk sekolah di seimei youchien. Seimei youchien terkenal dengna sekolah favorit yang harus mendaftar satu tahun sebelum tahun ajaran berikutnya. Banyak sekali yang mengantri dan masuk urutan waiting list. Kami tinggal di Kita 5 Nishi 10 dimana dua blok dari apato kami ada Youchien pemerintah. Dulu kami berfikir untuk menyekolahkan anak- anak disana. namun ternyata bulan Maret semua sekolah sudah tutup pendaftaran. Kami lapor ke Ward Office dan disarankan untuk ke sekolah pemerintah di Kita 24, itu jauh banget 19 blok dari apato kami dan tidak ada jemputan. Okaelah daripada tidak sekolah, well kami datang dan langsung diterima sembari mengisi form- form kelengkapan persyaratan. Alhamdulilah, satu selesei tinggal persiapan peralatan. But... tidak sampai disitu, tiba- tiba ada email dari sensei seimei youchien bahwa masih ada tempat untuk oldest class. Mulai galau...
Kami buat janji dan datang ke seimei.Makin galau 😂 karena sama jauhnya dan tidak dapat bis jemputan. Pulanglah kami sambil ndremiml sepanjang jalan cari option kemana hati ini berpihak. 
Akhirnya sampai pada keputusan untuk cancel di youchien kita 24 dan masuk di seimei youchien dengan pertimbangan ada teman Indonesia yang juga sekolah disana, sensei nya bisa bahasa indonesia dan inggris dan berharap bisa dapat bis jemputan suatu saat. Aamin.

Tibalah pada hari masuk sekolah pertama, antusias sekali parent nihonjin sampai bawa handycam.  Yach buat pengalaman Ilham saja, kalau dia pernah sekolah di luar negeri dengan kondisi seperti. Ilham datang ke Sapporo dengan posisi 0 bahasa inggris, 0 bahasa jepang, 0 kebudayaan jepang, hanya tau kalau sekolah di TK itu ya main titik. 
didepan sekolah


di aula sekolah (orang tua murid mengikuti acara denga tertib)

Alhamdulilah sekarang sudah 3 bulan berlalu. Ilham sudah mau bermain dengan teman- temannya. Mau makan lucnh yang disediakan sekolah dan alhamdulilah sedikit tau nihonggo seperti tabetai, asobitai, purezento, hayai, coma, ii ne, subarashim, kakkoi,, hehe,,alhamdulilah .Tidak ada yang lebih menyenangkan selain kamu senang dan nyaman di sekolah mas Ham. Oh ya, mulai dari awal masuk sampai hari ini Ilham berangkat sekolah diantar bapak pakai sepeda, terus pulangnya naik bis jemputan. Jam sekolah mulai jam 09.00- 14.00 dan tidak ditunggu ya. Ilham harus berangkat pukul 08.00 dari rumah dan kembali ke rumah pukul 14.50 setiap hari senin s/d jumat.
Dunia anak- anak memang cuma main, tapi mainnya yang berkualitas seperti bermain dengan teman sebayanya dan bermain denga alat- alat seperti mobil- mobilan. Membiarkan otak mereka berimajinasi dan melatih komunikasinya, so jangan kaget kalou lihat rumah kami seperti kapal pecah tiap hari, karena mainan yang tahan nangkring rapi diwadahnya.

Komentar